3.02.2013

Cara Membuat Database Visual Basic 6

Cara membuat database di visual basic 6 - Database merupakan kumpulan data yang saling terintegrasi antara satu dengan yang lainnya sehingga dapat membentuk suatu sistem dan kode-kode sebagai penghubung data. Database atau Basis Data dapat digolongkan menjadi 2 jenis yang membedakan yaitu berdasarkan back-end dan front-end. Untuk pengertian database back end adalah basis data yang memiliki tugas dan tanggung jawa untuk menyusun, menyimpan dan mengamankan database dari gangguan diluar. 
Sedangkan database front end merupakan database yang memiliki peran sebagai komunikator dan berhubungan langsung dengan pengguna, seperti listbox, combo box, button dan form. Dalam sistem database Visual Basic sangat didukung oleh beberapa sistem yaitu Visual Data Manager, Microsoft acces, MySQL, PostgreSQL, Oracle Dan SQL Server, untuk pembahasan kita saat ini menggunakan Visual Data Manager yaitu database yang telah disediakan oleh VB.
Dari gambar diatas dapat disimpulkan bahwa secara hirarki Database terdiri dari File / tabel yang telah disimpan didalam record dan record /baris tersusun atas kumpulan field, serta field/kolom disusun dari beberapa character yang digumakan.

Harus diketahui juga ada beberapa tipe field yang dapat membuat sebuah tabel pada sebuah database di VB 6.0, berikut penjelasannya :
A. Tipe Long adalah untuk bilangan bulat khususnya data-data numerik.
B. Tipe Currency adalah untuk data numerik tapi tidak dapat dibulatkan
C. Tipe Single dan Double adalah untuk bilangan yang berupa pecahan dan data numerik.
D. Tipe Date/Time adalah untuk data-data khusus jam dan tanggal.
E.  Tipe Text adalah untuk data-data yang memiliki karakter hingga 255.
F. Tipe Memo adalah untuk menampung data lebih dari 64.000 karakter.

Setelah mengenal tipe field, maka akan dilanjutkan dengan pembuatan database dengan menggunakan Visual Data Manager / Visdata. Berikut ini tahapan yang harus diikuti dan diketahui seperti dibawah ini :
1. Buka visual basic 6.0 terlebih dahulu
2. Lanjut dengan klik Add-In pada menu dan pilih visual data manager.


3. Setelah diklik Visdata maka yang harus dilakukan adalah Klik File-> New.. -> Microsoft Access -> Version 7.0 MDB...


4. Kemudian simpan database anda didrive manapun, contoh Drive D:/ folder/Version7.0/Data Jualan ITT88.mdb. Dan ditutup dengan klik save untuk menyimpan lokasi database anda.


5. Langsung pembuatan tabel untuk mengisi field yang diinginkan, Klik kanan Properties -> lalu pilih New Table.


6. Untuk pengisiannya klik Add Field -> isi Name, Type, Size -> setelah diisi semua tutup dengan klik Ok.


Struktur table dari database : Data Jualan ITT88.mdb
Nama Tabel
DataKomputer
Nama Field
Type
Size
KodeKompi
Text
10
NamaKompi
Text
25
HargaKompi
Single
10

7. Membuat Index, untuk urutan data dan pencarian data secara cepat serta pengelompokan data. Caranya pilih Add Index pada table Structure dan ketik nama index contoh kodekompi lalu pilih available pada kodekompi. serta ditutup dengan klik Build the table. Seperti gambar dibawah.


8. Setelah klik Build the table , terbentuklah tabel yang bernama DataKomputer dilihatkan di Database Window.



9. Langkah terakhir ialah mengisi data dan klik ganda pada tabel yaitu DataKomputer, makakan muncul kotak dialog dynaset. Tugas anda hanya mengisikan data dengan cara klik tombol add -> isi data -> klik tombol update -> add -> isi data, lakukan cara tersebut sesuai kebutuhaannya.



Keterangan tombol :
- Add berfungsi untuk menambahkan record baru.
- Update berfungsi untuk mengoreksi record.
- Delete berfungsi untuk menghapus record yang aktif.
- Find berfungsi untuk mencari record.
- Refresh berfungsi untuk menampilkan ulang record setelah dilakukan update.
- Close berfungsi untuk menutup tabel.

Puji syukur telah menyelesaikan judul cara membuat database visual basic 6.0 dengan lancar dan tepat waktu. Serta keunggulan Visual Data Manager itu sangat bermanfaat karena dapat menyimpan database secara mudah dan tanpa menggunakan sistem lain selain sistem Vb. Silahkan anda simulasikan dalam membuat database dikomputer atau laptop, semoga bermanfaat dan mencobalah tanpa takut karena telah diujicoba sebelum diposting diblog ini. 

4 komentar:

@siyfa : untuk saat ini belum ada nanti kedepannya ane buatkan script nya..
terima kasih atas kunujungannya

mas, saya pengen membuat software sederhana yang berbentuk cerpen. jadi kan itu ada database text nya. bagaimana sih cara pengaturan serta memanggil code2 nya? terimakasih sebelumnya.

Bantu ane donk... lg cari coding diterima atau gagal untuk penerimaan siswa baru... thx

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More