2.26.2013

Cara Mengubah Label Partisi Harddisk

Pada umumnya drive C selalu identik dengan sistem operasi (OS) dan drive D : identik dengan file-file dan data anda, tetapi asumsi itu bisa dimentahkan begitu saja dengan tutorial dari ane. Mengapa menulis artikel tentang cara mengubah label partisi harddisk, itu berawal dari teman, ingin sekali memakai dual OS / memakai 2 sistem operasi sekaligus dalam 1 harddisk, itu tidak masalah dan cukup mudah memakai 2 sistem operasi yaitu Windows 8 dan Window XP SP3. 
Tetapi menurut beliau ingin merapikan label pada harddisk tersebut dengan kata lain Drive C: untuk OS Windows 8 dan Drive D : OS windows Xp serta drive selanjutnya seperti Drive E sampai dengan Z mungkin untuk data-data penting anda.Mungkin belum banyak yang mengetahui bagaimana mengubah label tersebut, tanpa menggunakan software apapun dan cuma mengutak atik dibagian control panel saja. Oke daripada terlalu lalu lama langsung saja kita cermvti langkah-langkah yang akan kami sajikan untuk mengubah label partisi tersbut.

Langkah-langkah dan cara mengubah label partisi yang sesuai dengan keinginan anda, sebagai berikut :
1. Menyalakan Komputer atau Laptop terlebih dahulu.
2. Setelah itu, klik Start -> klik Control Panel.
3. Muncul tampilan control panel lalu anda -> klik Switch To Classic View.
4. Dilanjutkan dengan cari dan klik 2x Administrative Tools.


5. Masuk ke menu Aministrative Tools -> Klik 2x pada shortcut Computer Management.


6. Tunggu beberapa saat untuk ke menu Computer Management, yang terdiri dari beberapa fitu yaitu : System Tools, Storage dan Service and application. Tetapi and klik tab storage -> dan mengklik Disk Management (Local).


7. Setelah klik disk management akan muncul partisi hardisk anda dan removable disk seperti DVD Room dan Harddisk eksternal. Klik partisi harddisk yang ingin diganti labelnya, sebagai contoh ane akan merubah label pada partisi drive D : dilanjutkan dengan klik kanan -> setelah itu pilih Change Drive Letter & Patch.


8. Langkah berikutnya muncul kotak dialog drive yang terdapat beberapa pilihan seperti add, change dan remove serta pilihlah Change kemudian klik OK untuk merubahnya.


9. Berikutnya pilihlah label drive yang baru sesuai keinginan anda, pada Assign The Following Drive Letter karena pilihan mulai D hingga Z yang terpenting mudah diingat oleh anda.


10. Dilanjut langkah terakhir dengan klik Ok .Selesai

Cukup sudah pembahasan tentang mengubah label drive pada parisi harddisk, mungkin ada tambahan dari ane untuk masalah ini. Untuk mengubahnya direkomdasi untuk menukarnya terlebih dahulu pada drive label yang belum dipakai dan jangan langsung menggantinya. Sebagai contoh bila anda partisi harddisk menjadi empat partisi seperti C:/ , D:/, E:/, F:/ ini, bila anda ingin merubah label pada drive D:/ ke Drive E:/ lebih baik anda merubahnya ke selain keempat label tersebut. 
Lalu Drive E :/ pindahkan terlebih dahulu ke Drive V:/ untuk mencegah tumpang tindih yang mengakibatkan file hilang, setelah keduanya diubah. Langsung saja Drive:U/ yang sebelumnya Drive D:/ ubah ke Drive E:/ dengan asumsi sudah kosong. 
Kesimpulannyadalah anda cukup mengubah dan menukar label drive dengan label yang belum digunakan drive lainnya dengan kata lain masih kosong. Cukup rumit ?? tapi itu kalau baru pertama kali mencoba, bisa karena kita terbiasa untuk lebih terbiasa dan selamat mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More