4.01.2013

Cara Membuat Data Environment VB 6

Cara membuat data environment melalui visual basic 6.0 - Data Environment merupakan suatu tools yang telah disediakan dalam program VB yang memiliki fungsi yang sangatlah penting yaitu sebagai penghubung antara database dengan data report. Karena tanpa environment, database tidak dapat ditampilkan pada saat menjalankan dan melihat isi dari data report.
Sebelum membuat data environment anda harus terlebih dahulu mencanangkan sebuah database, bisa dibaca bagaimana cara membuat database melalui visual basic 6 pada artikel sebelumnya. Langkah-langkah sangatlah mudah dipahami secara bertahap mulai dari awal hingga akhir mengenai buat environment, seperti dibawah ini.
Tips pembuatan data environment dengan mengunakan tools di visual basic, sebagai berikut :
1. Pertama anda harus klik kanan pada add pada menu project
2. Selanjutnya Klik add Data Environment


3. Namun bila belum mengaktifkan data environment, anda cukup mengklik More active Designers
4. Setelah aktif data environmet, dilanjut mengaktifkan koneksi, klik kanan pada connection lalu plih Properties

5. Maka akan muncul kotak dialog Data Link Properties, disana terdapat Microsoft Jet 4.0 OLE DB Provider pada tab Provider. Karena berfungsi untuk menkoneksikan dengan database  Ms. acces jika tidak akan terputus dan tanpa koneksi


6. Langsung tahap selanjutnya lihat tab connection disana terdapat 2 nomor, nomor pertama mencari database anda simpan dan nomor kedua anda Permission dengan mengisi username dan password untuk mengaktifkan data environment. Serta centang blank password jika ingin tidak menggunakan kata sandi, agar lebih aman jangan dicentang untuk mengunakan password.

7. Klik tombol Test Connection, maka akan muncul kotak dialog "Test Connection Succed" jika database anda cocok dan sesuai. Bila tidak bisa sesuaikan segera database anda serta penyimpanannya,


Cukup sekian bagaimana Create data environment, cukup mudah dan jelvs bagi anda yang ingin mempelajari lebih jauh tentang VB 6. Enterprise. Semoga dapat manfaat bagi kalian semua dan pengetahuan semakin berkembang serta wawasan yang luas tentang pemograman khususnya Visual basic. 

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More