3.26.2013

Fungsi dan Mengaktifkan Telnet Win 7


Pengertian, Fungsi dan Mengaktifkan Telnet Win 7 - Mungkin belum banyak yang mengerti apakah itu telnet ? fungsi telnet untuk apa? bagaimana caranya mengaktifkannya? Tenang akan segera dibahas secara jelas dan tuntas, telnet merupakan suatu protokol dan aplikasi yang berada dijaringan komputer / internet. 
Fungsi telnet adalah untuk mengendalikan komputer lain melalui internet tanpa harus mengenkripsi data,  contoh komputer kantor pusat yang akan meremote komputer kantor cabang untuk memperbaiki crash suatu database dan  mengatur pelayanan umum jaringan komputer seperti penggunaan database, katalog perusahaan dan berbagai hal yang menyangkut data-data penting. Telnet juga melakukan komunikasi dua arah yang berbasis teks pada suatu jaringan komputer dan menguunakana salah satu protokol TCP (Transmission Control Protokol)  serta berada di nomor port 23 untuk berkomunikasi.

Telnet juga menggunakan 2 program yaitu Client (telnet) dan server (telnetd), untuk tugas telnet client yaitu : membuat koneksi jaringan TCP, menerima input dari berbagai pengguna dan mengubah format dari server yang akan disajikan untuk user. Sedangkan telnet server memiliki tugas sebagai menunggu dan melaksanakan permintaan dari user serta memberi info bahwa software dijaringan sudah dapat digunakan. 

Mungkin sebagai contoh, akan mengunakan windows 7 untuk mengaktifkan telnet di bisa melalu command prompt (CMD) anda cukup mengetik telnet 192.168.10.24, dengan asumsi IP 192.168.10.24 itu merupakan IP address yang digunakan dikomputer atau router. Namun untuk meyakinkan akan disajikan melalui peraga gambar sehingga anda dapat mengaktifkan telnet secara lebih mudah.

Langkah - langkah untuk mengaktifkan Telnet Windows 7, sebagai berikut ini :
1. Buka menu program
2. Lalu pilih Control Panel 
3. Pilih submenu program, disana terdapat Program and Features, Default Program, Desktop Gadget dan Vmware. 
Namun anda hanya cukup Klik Turn Windows features on or off yang tedapat pada program and features
4. Setelah muncul kotak dialog "windows features" cari dan centang telnet server serta telnet client, supaya segera aktif telnet yang berada diwindows 7.


5. Tunggu beberapa saat untuk mengaktifkan telnet win seven, lalu diakhiri dengan Restart komputer anda.

Fungsi dan cara aktif telnet Windows Seven telah selesai semoga menjadi inspirasi untuk kalian semua dan mempermudah kinerja bila terjadi permasalahan yang mewajibkan menggunakan telnet untuk memperbaiki. Terima kasih atas kunjungan, bila ada saran dan kritik dimohon berkomentar agar kedepan blog ITTutorial88.blogspot.com menjadi lebih baik dalam menyampaikan materi yang lebih berkualitas.

4 komentar:

gan, gmn klo komputer lawan telnetnya masih belum diaktifkan?

gan giman caranya agar bisa login

gan,,. klo ga ada telnet server gimana..?
kok di saya cuma ada telnet client aja,.ya

klo ga ada telnet server nya gimana gan..?
soalnya di sy cuma ada telnet client aja,.
mohon pencerahan nya,,..

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More