3.23.2013

Cara Mengamankan Email Dari Hacker

Cara untuk mengamankan email dari  hacker - Bisa sangat mudah dilakukan, dapat dilakukan oleh siapa saja pemilik akun email tersebut. Mungkin ini sedikit berbagi pengalaman untuk kalian sebab email pribadi pernah dihack oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab, cukup pusing menangani itu sebab email itu untuk dipergunakan kepentingan mencari kerja dahulu. 
Email dapat dibobol dengan mudahnya dengan cara Reset password apalagi email ada terhubung dan terkoneksi langsung kepada social media seperti twitter, facebook dan friendster serta pada saat transaksi online. Namun untuk email Gmail menurut ane sudah memberikan pengamanan yang lebih diantaranya Verifikasi email ke nomor handphone bisa melalui SMS dan Voice Call itu sangat bermanfaat untuk mencegah pembobolan oleh hacker. Namun itu saja belum cukup untuk pencegahan dimasa depan sebab kita harus melindungi email itu secara berlapis-lapis dan kuat, karena pencegahan lebih baik. 
Langsung saja menuju pembahasan tips cara mengamankan Gmail, sebagai berikut ini :
1. Silah login ke akun email Gmail anda
2. Setelah itu lihat pojok kanan atas yang terdapat logo akun email diklik saja -> muncul kotak dialog dan klik account seperti gambar ini.


3. Kemudian anda akan masuk kealamat ini https://www.google.com/settings/account atau berada dimenu account, klik edit yang berada dimenu email.



4. Dilanjut dan berada dimenu Manage account information yang harus dilakukan adalah cukup mengisikan email anda pada "add a new alternate address" contoh xxxx@gmail.com. Diusahakan email alternatif tersebut dapat gunakan jika dalam keadaan email utama tidak bisa dibuka dan harus segera dilakukan. 



.5. Terus menuju ke menu security, Submenu diantaranya beriku ini Password and recovery options, 2 step verification serta connected application and site. Untuk menghidupkan pengamanan email gmail dan mengaktifkan security anda harus mengklik settings jika status masih OFF

6. Masuk ke tahap verifikasi, klik start setup untuk memulai verifikasi kembali email secara penuh.

.
7. Berikutnya login kembali mengunakan akun email anda, masukan alamat email dan password.
8. Dilanjut dengan set up pertama melalui sms atau voice call di telepon genggam anda, lebih mudah melalui sms karena bisa terlihat dengan jelas kode yang diberikan untuk verifikasi dan tidak lupa mengisi no. handphone anda.


9. Berlanjut ke step kedua dimana anda tinggal menunggu sms untuk mendapatkan kode dari google, lansung isi kode verifikasi jika telah diterima kode tersebut dan klik tombol Verify.


10. Step 3 selanjutnya melalui perangkat apa seperti laptop atau komputer yang digunakan untuk verifikasi kode email, ini dibutuhkan jika handphone anda mengalami kerusakan atau hilang. Sehingga anda membutuhkan verifikasi melalui komputer, klik tombol Next tidak lupa untuk ceklis Trust this computer


11. Tahap terakhir adalah step 4, dimana  tahapan ini hanya untuk mengkonfirmasi saja untuk mencegah pembobolan email bila telepon genggam hilang dan anda bisa membuka kembali memlalui komputer anda pada saat melakukan verifikasi email. Klik tombol Confirm untuk mengakhiri Verifikasi email dan dapat dipastikan aman hanya anda yang dapat mengakses.


12. Kembalilah login setelah seluruh tahapan verifikasi telah selesai.
13. Dan sudah terlihat email anda telah terkunci dengan sukses, tiada satupun orang terutama para hacker untuk menembus security berlapis yang anda lakukan. Jadi tak perlu khawatir bila menggunakan email terutama produk yang dikeluarkan oleh Google, secara pribadi merekomendasikan gunakan GMAIL sebab aman dan berkualitas.


Sekian pembahasan untuk Mengamankan Email dari gangguan cukup panjang dan sedikit melelahkan tetapi bagi ane menyebarkan pengetahuan sangatlah penting karena semua orang sudah memiliki email. Pengalaman buruk ane yang email dibobol oleh hacker, semoga tak terjadi oleh kalian semua dan pengamanan harus diutamakan serta janganlah memberikan alamat email anda ke sembarangan orang sebab bisa terjadi hal yang tak diinginkan. Tips menjaga gmail tetap aman untuk menjaga serangan dari pihak luar yang tak bertanggung jawab.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More