1.16.2013

Cara Nonaktifkan USB Flashdisk

cara untuk menonaktifkan flashdiskUSB adalah salah satu standar untuk media penyimpanan dan pemindahan data secara mudah, praktis serta cepat dalam proses transfer data, baik itu flashdisk maupun hardisk eksternal. begitu juga bisa mendisable flashdisk didalam sebuah komputer bisa dilakukan meski harus melanggar dari ketentuan yang ada.

Port USB juga sangat mendukung perangkat-perangkat komputer seperti mouse, harddisk, Modem usb serta Webcam. Dan perangkat tersebut dapat terhubung melalui bus dengan port tunggal yang biasanya sangat mendukung Plug & Play dan Hot Plugging, melalui sebuah driver yang bernama usbstor.sys. Driver tersebut digunakan untuk berkomunikasi antara Usb drive dengan sistem komputer jika sudah terpasang dan manfaatnya juga sangat besar tetapi bila disalahgunakan bisa menjadi bahaya. Contoh kasusnya, flashdisk yang sudah terinfeksi oleh virus jika langsung dicolokkan maka virus akan masuk dengan mudahnya masuk ke komputer anda dan menyebarkannya baik kesistem maupun ke data-data penting. Serta yang dikhawatirkan juga informasi dan data rahasia bisa di lihat oleh orang-orang yang bukan semestinya.

Tapi tidak perlu panik, dalam menyikapi masalah ini karena ane sudah memilki solusi selain memproteksi komputer anda dengan antivirus dan cara ini cukup mudah karena hanya cukup merubah registry. Dan efek merubah registry ini ditujukan untuk menonaktifkan flashdisk, jadi bila mouse anda sudah kompatibel dengan Usb drive tidak perlu khawatir karena akan tetap berfungsi

Berikut cara nonaktifkan USB Flashdisk, mohon dipelajari dengan seksama seperti di bawah ini :
1. Pertamax, anda harus login ke komputer anda sebagai Administrator
2. Masuk ke Regedit (registry editor)
    Klik Start -> RUN -> ketik regedit -> Ok -> untuk membuka tampilan registry editor 
3. Lalu cari -> pilih tab edit -> (CTRL + F) -> masukan path usbstor.sys seperti ini :
    HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Services\USBSTOR  


4. Lanjut pilih Folder USBSTOR -> lihat sisi panel kanan temukan Value Start -> Klik 2x
5. Setelah mengklik dua kali Value Start, rubah di kolom Value data ganti nilainya dari  3 menjadi  4


6. USB telah Non-aktif, cobalah untuk menambah security untuk tidak dibisa Key tersebut diubah oleh tangan-tangan jahil.
7. Cara sebagai berikut : Klik kanan Folder USBSTOR -> Pilih Permission. 


8. Muncul tampilan Permission For USBSTOR -> sorot ke Power User dan User -> ceklis Deny  di  Full Control dan Read.
Berfungsi untuk User tidak bisa memodifikasi settingan Nonaktif flashdisk.

9.  Tutup regedit
10. Restart komputer

Sebenarnya, tutorial dan tips ini ditujukan bagi IT Support dan operator warnet seperti halnyane, tapi siapapun boleh mengetahuinya yang terpenting untuk kebaikan. Karena user terkadang suka mencoba mencolokkan flashdisk tanpa sepengetahuan kita, jika terinfeksi virus tambah kerjaan lebih baik dinonaktifkan USB untuk Flashdisk. Sekian pembahasan ini semoga menjadi inspirasi dan menambah pengetahuan anda. Cara mencegah Virus dengan disable flashdisk

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More