1.13.2013

Cara Merawat Komputer

Cara Merawat Komputer - Ditahun 2013 ini, komputer semakin di minati khususnya para gamers sejati meskipun telah banyak bermunculan gadget seperti Laptop, tablet, Ipad dan komputer pintar jenis lain tetapi perkembangan kepemilikannya disetiap rumah dan dikantor masih sangat di perlukan serta jumlahnya semakin bertambah. 

Ini menjadi sisi positif bagi para pengusaha dibidang komputer dan kaum intelektual khususnya para sarjana lulusan Informasi teknologi dan Ilmu Komputer. Karena perusahaan masih membutuhkan jasa dan kemampuannya untuk merawat komputer hingga penggunaannya bisa berlangsung lama serta dapat menghemat pengeluaran perusahaan.

Pastinya anda juga termasuk salah satu mempunyai komputer, maka alangkah baik bisa merawat komputer dengan baik dan benar untuk langkah pencegahan dan penanganan pertama.  Agar menghindari terjadi permasalahan yang berkelanjutan dan fatal. Perawatan komputer menurut ane ada 2 aspek yaitu aspek software dan hardware yang perlu di ketahui dan dipahami.

Berikut cara merawat komputer dari aspek software dan hardware, yang akan di jelaskan di bawah ini :

Aspek Software

1. Defragment harddisk 
Secara berkala direkomendasi kan 2 minggu dan paling minimal 1 bulan sekali, dikarenakan untuk mencegah harddisk menjadi crash dan agar read and write harddisk menjadi lebih cepat dalam melakukan hal tersebut.

2. Disk Cleanup
Setelah defragment, lakukuan juga Disk Cleanup, untuk menghapus file yang temporary dan file cache internet. Disk Cleanup bisa anda pergunakan di Default Windows, TuneUp Utilities dan CCleaner Utilities.

3. Antivirus
Lengkapi antivirus terbaik dan update to date, misalkan; NOD 32, Avira, AVG (antivirus luar negeri) dan Smadav (antivirus dalam negeri). Atau gunakan software pelindung seperti Deepfreeze dan shadowdefender (seperti warnet saja)

4. Uninstal Program Tak Berguna
Uninstal program-program yang tidak di gunakan dan perbaiki system registry program yang di uninstal dengan utilities, seperti registry cleaner.

5. Start Up Program
Kurangi dan Nonaktifkan program-program yang di load secara otomatis pada saat start-up. 
Cara : 
Klik Start -> Run -> ketik msconfig -> terbuka tampilan System Configuration Utiliy ->  pilh Tab startup -> lalu pilih disable all atau ☐ unchecklist program yang ingin di nonaktifkan waktu startup -> Apply -> OK -> Restart computer untuk save settingan tersebut.


6. Firewall
Aktifkan Firewall, untuk menghindari dan membatasi akses dari luar yang dapat merusak system anda.
Cara : Klik start -> Control Panel -> Switch to Category view -> 
Pilih Security Center (tampilanya)

Setelah pilih Security Center-> Muncul tampilan Windows Security Center ->Klik Windows Firewall

Setelah Klik Windows Firewall-> Muncul tampilan 
a-> Pilih On (recomended) -> OK 
b-> Pilih On (recomended) -> ceklis Don't allow exceptions 
(bila komputer anda terhubung jaringan seperti di kantor atau warnet) -> OK



7. Back up Data
Bisa melalui beberapa media penyimpanan sebagai beriku CD-R/CD-RW/DVD-R/DVD-RW, Flashdisk, Micro SD dan Harddisk eksternal serta simpan di Public Folder jika anda terhubung oleh suatu jaringan komputer di kantor anda. Dilakukan untuk mencegah recorvery data/ pengembalian data jika data anda hilang dan masih tersimpan di Harddisk internal.

8. Partisi Harddisk
Buat minimal 2 partisi pada Harddisk, Partisi yg ke satu ( C: ) untuk system operasi dan partisi kedua untuk File data anda serta perbandingannya 40% : 60% dari jumlah kapasitas harddisk anda. 
Contoh : harddisk 160 GB, C : 64 GB dan D: 96 GB.

Aspek Hardware

1. UPS (Uninteruptable Power Supply) dan Stavolt/Stabilizer, di gunakan untuk computer terhindar dari crash selama listrik padam dan secara tiba-tiba.

2. Hindari mencabut perangkat atau peripheral ketika komputer sedang menyala, karena dapat berakibatkan hubungan singkat listrik pada soket konektor di motherboard.

3. Buka, Bongkar dan Bersihkan CPU, untuk mencegah debu-debu yang menempel di Power supply, Motherboard, slot Memory dan Harddisk dengan kuas atau semprot dengan Vakum cleaner (pengalaman ane).  Untuk memory/RAM bisadi bersihkan dengan menggunakan penghapus pensil, secara berkala 1 Minggu – 1 Bulan sekali.

4.Pendingin Ruangan (AC),  khusus diruang kantor dan warnet yang jumlah komputer lumayan banyak tapi untuk 1 atau 2 komputer bisa menggunakan Kipas angin dan buka casing CPU anda.

5. Matikan komputer secara normal dengan Shut Down dan jika tidak dipergunakan dalam waktu lama.

6. Hindari komputer dari perangkat yang memancarkan magnet.

Sekian dari ane, cukup banyak juga cara untuk merawat komputer dengan baik dan setidak nya bisa memperpanjang usia dari komputer yang anda gunakan. Indahnya berbagi pengalaman dan pengetahuan yang kita miliki, selamat merawat komputer anda, jaga baik-baik semoga bermanfaat. 

2 komentar:

Terimakasih gan review artikelnya bermanfaat

moga bertambah ilmunya dan manfaat

sama-sama masbro..kita masih belajar kok..

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More