1.10.2013

Memperbaiki Komputer Sering Restart

Cara memperbaiki Komputer sering restart – Permasalahan ini mungkin sering banget kita temukan pada saat menyalakan komputer diantaranya tidak bisa booting, blue screen, missing NTLDR atau komputer sering sekali restart dengan sendirinya. Masih banyak lagi permasalahan-permasalahan yang secara harus kita dapat menganalisa dan troubleshooting / mengatasi masalah tersebut dengan kemampuan diri kita sendiri sebagai IT support serta bagi yang newbie di bidang Ilmu komputer.

Pada kali ini ingin mengambil pembahasan 6 cara perbaiki komputer yang sering restart, banyak sekali dari kita semua menemukan masalah ini. Apalagi bagi anda yang sedang asik-asiknya bermain game, lagi mengerjakan tugas kuliah / kantor atau lebih parahnya baru menyalakan komputer belum masuk ke sistem operasi (Windows, Linux & Mac OS) langsung restart berulang-ulang. 

Oiya tidak lupa, di pelajari juga, cara merawat komputer dengan baik sebelum  kembali restart yang buat jengkel anda. Langsung saja beberapa langkah-langkah untuk mengindikasi dan cara untuk mengatasinya, yang wajib di ketahui :

1.Cek Kelistrikan

Kita cek terlebih dahulu sistem kelistrikan yang dipakai dalam hal ini listrik dari PLN. Coba mengetahui voltage dengan menggunakan AVO meter, apakah sudah tercapai daya yang di bebankan sekitar 220 V ? 

(batas minimum kelistrikan untuk sebuah computer; menurut ITT88). Bila belum mencapai tegangan/voltage tersebut atau dalam range 120 V – 180 V di jamin komputer anda akan terus restart karena tidak memenuhi batas minimum. 

Mengatasinya : Gunakan Stabilizer untuk menstabilkan tegangan direkomendasi beli tegangan yang keluaranya 220 V atau > 220 V dan cari stabilizer yang ada ventilasi udara diatasnya serta jika membeli suruhlah penjual untuk ON/OFF stabilizernya. Jika terus dipaksa tanpa stabilizer akan menyebabkan kerusakan pada hardware seperti Harddisk, processor, mainboard dan memory anda yaitu RAM.

2.Cek Power Supply
Setelah dicek listik, kita cek juga Power Supply juga dalam hal ini susah untuk cari indicator kerusakannya. Tapi indikasi kerusakannya mungkin mengalirkan listrik tidak sempurna dengan kata lain naik turun.

Mengatasinya : menurut ITT88, mengalirnya listrik yang naik turun bisa dilihat dilampu led di Monitor/Lcd apakah menyala dan cek juga kipas yang berputar dipower supply sudah maksimal. Bila belum juga bereaksi maka gantilah power supply bisa merk Simb*dd* dan po**r Up.

3.Cek Processor 

Bila processor terlalu panas akan menyebabkan restart bias diliat di BIOS atau juga memakai software berikut Speedfan . Batas temperatur normalnya sekitar 35 Celcius – 40 Celcius, jika melebihi hingga sampai 40 celscius hingga 50 celcius maka matikan sementara komputer anda.

Mengatasinya : Bongkar serta bersihkan Heatsink, untuk memaksimalkan kipas berputar dan tambahkan thermal paste untuk pasta pendingin di processor .



4.Cek Memori / RAM

Pada tahap ini harus di perhatikan karena bias di sebabkan oleh Bad Memory dan Low memory. Akan berakibat komputer sering restart sebelum masuk ke windows dan restart saat mengoperasikan aplikasi di komputer seperti game, antivirus dan software yang aktif.

Indikator low memory lihat dahulu kapasitas memori anda sebelum melakukan Multitasking / menggunakan beberapa software secara bersamaan akan restart dan juga indicator bad memory sebelum booting tekan F8 (safe mode) jika masih restart setelah safe mode. 


Mengatasinya : Jika low memory, bisa diselesaikan dengan menambah kapasistas memori (RAM) yang kompatibel dan bad memory anda harus mengganti dengan memori (RAM) yang bergaransi LIFE TIME seperti V-G**.

5.Cek Program Crash dan Virus

Banyak program yang memakan space komputer terlalu besar, disarankan sesuaikan program yang diinstall dengan spesifikasi komputer dan kebutuhan anda. Tanpa di sadari juga Virus juga mengambil sumber daya komputer seperti sality, Trojan dan Trojan horse


Mengatasinya : Bisa diatasi dan diperbaiki dengan software seperti Tune-Up dan CCleaner untuk program yang crash dan gunakan antivirus untuk menscan computer anda dari virus mungkin bisa menggunakan NOD32 atau Smadav.

6.Cek VGA Card (optional)

Bisa terjadi karena rusaknya bagian VGA Card yang terpasang pada slot AGP atau PCI. Biasanya VGA Card yang rusak akan terasa cepat panas dan tampilan gambar pada layar monitor menjadi blur.

Mengatasinya : coba bersihkan dan ganti bila perlu Fan dan vga card tersebut


Mungkin wajib dipahami, analisa dan diatasi beberapa permasalahan pada komputer khususnya memperbaiki komputer yang sering restart menerus. Dengan membaca tutorial diatas setidaknya sedikit membantu untuk menyelesaikannya. Disini ITT88 juga masih belajar terus tanpa henti untuk memberikan tutotorial dan tips untuk di Informasi Teknologi. Sekian pembahasan ini, ITT88 sangat menerima kritik dan saran untuk membangun blog ini menjadi lebih baik.

3 komentar:

Bingung, bawa ke tukang servis aja ah . . . hehehehe

wkwkwk..Dianalisa dulu bro, biar kita bisa betulin sendiri..ya klo mw di bawa tukang service minimal tidak dibohongi bro..

iya bener sebelum dibawa ke tukang servis kita kudu tau dulu sebenrnya kerusakannya di bag mana, biar ga di bongin.

Cara Memperbaiki hardisk drive | infonewbi

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More