1.25.2013

Mengenal Blue Screen


Mengenal Penyebab Blue Screen - Pengertian dari Blue Screen adalah layar biru yang terjadi bila ada kerusakan dari sistem operasi atau biasa disebut Stop Error. Kadang juga disebut Layar Biru Kematian (BSOD/Blue Screen of Death) ini juga disebabkan selain dari kerusakan sistem juga ada kerusakan dari komponennya diantaranya kerusakan pada Driver yang mungkin tidak kompatibel, Registry dan file DLL yang corrupt atau rusak serta penggunaan RAM atau memory yang tidak cocok. Blue Screen bisa terjadi dibeberapa sistem operasi yang di keluarkan oleh Microsoft berikut ini, Windows NT, Windows 2000, Windows XP dan Windows Vista tetapi di Windows Vista juga terdapat Red Screen of Death (Layar Kematian Merah) yang disebabkan oleh kerusakan pada Boot Loader. Dan fenomena lainnya yaitu Black Screen of Death/ layar kematian hitam ini terjadi di OS/II dan Microsoft DOS.


Untuk itu ane mau mengenalkan macam-macam Blue Screen yang muncul, berikut pembahasannya.

1. NTFS_FILE_SYSTEM atau FAT_FILE_SYSTEM (0X00000024) atau (0X00000023)
Pesan bluescreen ini, disebabkan oleh kesalahan dalam partisi harddisk dan file system bukan dari hardware fisik hardisk.

2. STOP: 0×00000116 (0x8576a008, 0x9427062c, 0×00000000, 0×00000002)
** atikmpag.sys – Address 0x9427062c base at 0x9426a000 DateStamp 0x4f597fae
Jika muncul pesan seperti ini ini, disebabkan PCI -E dan Chipset di Motherboard terjadi kerusakan.


3. DATA_BUS_ERROR
Kemungkinan besar muncul pesan ini disebabkan oleh rusaknya memory atau Slot memory tersebut.

4. IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL (0X0000000A)
Sering sekali pesan ini muncul karena disebabkan tidak kompatible dan saling tumpang tindih driver antara Driver dengan fisik hardware yang diinstal dikomputer atau dilaptop. 
seperti berikut contoh nya
- Pemasangan Video Card di overclock melebihi kapasitas, belum diuninstall driver yang lama pada video card 
- Kesalahan konfigurasi pada Audio Card dalam driver sound card sehinggga menyebabkan bugs.

5. MACHINE_CHECK_EXCEPTION
Munculnya diakibatkan power supply yang kekurangan daya dan rusak serta processor yang di overclock secara yang berlebihan.

6. PEN_LIST_CORRUPT
Terjadi kerusakan pada RAM / Memory anda sehingga muncul pesan ini.

7. UNEXPECTED_KERNEL_MODE_TRAP (0X0000007F)
Disebabkan overclocking yang berlebih pada processor dan processor kepanasan mungkin Heatsink tak bekerja maksimal

8. VIDEO_DRIVER_INIT_FAILURE
Kesalahan dalam install driver pada Videocard yang seharusnya untuk windows 7 malah di instal drivernya untuk Windows 8.

9. PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA
Pesan ini terjadi karena ada kerusakan hardware yang berada dimotherboard seperti RAM, VGA dan memory di prosesor (L2 Cache).


10. BAD_POOL_CALLER
Muncul seperti ini di karenakan dipaksakannya driver dan Upgrade yang keliru

11. INACCESSIBLE_BOOT_DEVICE
Pesan error ini disebabkan karena kesalahan dalam konfigurasi jumper harddisk, chipset dan driver IDE controller serta disebabkan jugoleh virus boot sector.

Mungkin dari 11 penyebab Blue Screen ini bisa mencari dan menganalisa untuk memberikan tindakan preventif untuk masalah tersebut. Mungkin pembahasan selanjutnya ITT88 telah "Mengatasi Blue Screen" yang sedang digodok untuk mencari solusi kerusakan yang di sebabkan bluescreen ini. Mohon bersabar, akan kita telusuri berbagai jenis blue screen yang   bervarisasi jenisnya. Sekian dari dari ane mengenai mengenal penyebab blue screen, semoga menambah pengetahuannya dan ane siap menerima saran, kritik dan masukan dari kalian semua.

1 komentar:

gan blue screen sy pesan sy atikmdag.sys itu karena apa gan?uda sy cb restore tp lama juga bluescreen lg.sy pakai laptop hp pavilion dv6 amd turon dual core 32bit.mohon bantuannya gan

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More