2.14.2013

8 Cara Partisi Hardisk Windows 7

Pagi-pagi sudah mendapatkan inspirasi untuk para sahabat yang telah menunggu tutorial selanjutnya. Oke, kali ini akan dibahas tentang cara partisi harddisk di windows 7 tanpa menggunakan software seperti partition Magic atau software jenis lainnya.
apakah Partisi ? sudah mengenal tentang itu ? Partisi adalah sistem berkas atau manajemen untuk penyimpanan suatu data, mungkin sangat familiar istilah "partisi" selalu mengenai harddisk. Jadi Partisi Harddisk merupakan Media penyimpanan yang terbagi atas beberapa berkas yang tersusun rapi dengan metode manajemen data.
Jenis Partisi itu sendiri terbagi atas 3 bagian yaitu : 

1. Primary Partition adalah sebuah partisi  berfungsi sebagai Master yang berfungsi untuk menyimpan file sistem operasi dan dapat melakukan boot pada awal pembootingan serta biasanya di drive C.

2. Extended Partition adalah Partisi yang berfungsi untuk sebagai gate / pembatas antara Primary dengan Logical partition. Dan juga sebagai Backup untuk booting bila terjadi fatal error diprimary partition.

3. Logical Partition adalah partisi yang berfungsi untuk media penyimpanan data-data saja seperti di drive D, drive E dan drive F. Disarankan untuk tidak memperbanyak partisi cukup 2 - 3 partisi saja.

Setelah mengenal sekilas tentang partisi, kita langsung saja menuju ke pembahasannya awal mengenai partisi di windows 7 sebagai berikut ini .  Mohon disimak dengan seksama dan caranya sangatlah mudah jadi tak perlu khawatir untuk mecoba simulasi ini.
Beberapa cara mempartisi harddisk di windows 7 :
1. Klik Start -> pada Computer klik kanan -> Klik Manage


2. Pilihlah Disk Management pada Menu Storage -> Klik pada drive yang akan dipartisi, klik kanan



3. Lalu pilih Shrink Volume




4. Tentukan seberapa kapasitas Drive baru yang diinginkan sebagai  contoh : 50 GB -> bersabar tunggu hingga selesai
5.  Pada partisi baru klik kanan -> lalu pilih New Simple Volume
6.  Pemrosesan Drive baru sedang berjalan -> klik next
7. Setelah itu tentukan label nya untuk drive baru seperti D, E, F atau G. 
8. Klik Finish untuk mensudahi proses ini. 
Note : Partisi harddisk disaranan hanya 2 - 3 partisi harddisk saja jangan 1 partisi atau melebihi dari 3.

Demikian dari ane semoga dapat bermanfaat dan selalu simulasi untuk menambah kepercayaan diri didunia IT, semoga bermanfaat . Untuk segera mengimplementasi bagaimana cara Partisi harddisk secara benar di windows 7, cukup mudah bagi siapa saja yang memiliki kemauan dan kemampuan untuk Harddisk win 7. 

Untuk materi selanjutnya akan dibahas mengenai Cara Install Windows 8 dan Teknik Partisi Harddisk Windows 8, terima kasih atas kunjungan.

5 komentar:

This comment has been removed by the author.

gw mau partisi disk D.tp di hardisk itu sudah ada isinya.itu kalo di partisi pake cara di atas hilang gak data2 yg di D?

@Semua kawan : terima ksih atas kunjungannya
@Bung Mojokerto : Tidak hilang masbro tergantung alokasinya cukup,tapi untuk menjaga-jaga ane menyarankan untuk membackup terlebih dahulu.

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More