2.15.2013

Cara Cepat Shutdown via Regedit

cara mempercepat shutdown pada WindowsBaru saja ane mendapatkan sedikit masalah ketika salah satu Komputer client lambat sekali dalam shutdown, setelah berpikir sejenak ditemani segelas kopi dan sebatang rokok (jangan dicontoh tidak baik untuk kesehatan) akhirnya ane ingat bagaimana mempercepat shutdown. Yaitu dengan cara memanipulasi Registry dengan aplikasi include dari windows xp itu sendiri yaitu Regedit ( Registry Editor) ada 3 item registry yang sedikit diubah. Oiya yang belum mengetahui sekilas mengenai registry sebelum melakukan manipulasi dengan menggunakan regedit.
Regitsry adalah suatu pusat dari database yang berfungsi untuk melakukan beberapa pengaturan, konfigurasi dan penyimpanan serta sedikit saja registry crash akan berakibat fatal pada sistem operasi kali ini untuk windows. Didalam registry tersebut terdapat komponen-komponen didalamnya yang dapat melakukan fungsi yang telah ditetapkan.
Berikut ini komponen yang berada diregistry, berikut penjelasannya :

1. HKEY_CLASSES_ROOT
    Merupakan salah satu yang terpenting dari windows karena memiliki peran yaitu sebagai tempat untuk seluruh media penyimpanan file diwindows dan biasa disingkat dengan HKCR.
2. HKEY_CURRENT_USER
   Disingkat HKCU merupakan berisi tentang aktivitas dan beberapa informasi user, yang pada saat itu melakukan LOG IN.
3. HKEY_LOCAL_MACHINE
   HKLM itu adalah memiliki fungsi sebagai menyimpan seluruh setinggan perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang terpasang dan pengaturannya juga.
4. HKEY_USERS
    HKU juga memiliki fungsi untuk menyimpan informasi tentang desktop dan user-user yang melakukan login pada komputer itu
5. HKEY_CURRENT_CONFIG
   Berisi tentang konfigurasi dan pengaturan hardware pada komputer itu serta saling terkait dengan HKLM.
Sekilas Pembahasannya kita lanjutkan dengan judul kita yaitu cara cepat shutdown via regedit dengan mudah dan terjamin kualitasnya, berikut langkah-langkah yang harus diikuti :
1. Klik Menu Start -> pilih menu Run (CTRL + R) -> Ketik regedit .untuk membuka menu registry editor.


2. Setelah masuk ke registry editor dilanjutkan dengan ketik atau cari (ctrl + f) key seperti disamping HKEY_CURRENT_USER\ControlPanel\Desktop.

3. Kemudian langsung melihat sisi kanan dari tampilan regedit itu, cari key dengan tulisan "HungAppTimeout", "MenuShowDelay" dan "WaitToKillAppTimeout" tanpa tanda kutip ya, lihat penampakannya .


4. Klik 2x pada HungAppTimeout dan masukan Value data 1000 (1 detik) dari yang sebelumnya 5000 (5 detik) serta Klik OK.



5. Kemudian juga klik 2x MenuShowDelay, masukan value data 0 (nol) untuk membuka program di menu start secara cepat.


6. WaitToKillAppTimeout langsung saja klik 2x juga value data cukup 5000 (setara 5 detik) itu untuk menjaga agar harddisk tidak terlalu cepat untuk shutdown agar program tidak crash.


7.  Selesai, tutup segera Regedit dan Restart komputer anda

Dengan demikian anda memiliki 19 detik untuk mempercepat shutdown komputer, jikalau buru-buru dalam kesibukan. Jangan lupa juga cek kesehatan harddisk anda, karena harddisk yang sehat bisa mengoptimalkan settingan yang tadi kita buat.Selamat mencoba dan rasakan kecepatannya. Mengubah regedit untuk mempercepat matikan komputer windows Xp dan Windows 7

1 komentar:

thx info'y kaka, semoga bermanfaat..

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More