2.17.2013

Tipe Jaringan Komputer


Sebelum membahas tipe jaringan komputer, tiada salahnya sedikit membahas apakah jaringan komputer ? apa tujuannya? Jaringan komputer adalah terhubungnya 2 atau lebih komputer yang terdapat didalamnya sistem, hardware, software yang terintegrasi oleh suatu penghubung. Tujuan jaringan komputer itu adalah untuk akses informasi, komunikasi dan sharing hardware seperti Printer dan harddisk. 


Dan tipe Jaringan menurut ITTutorial88 itu terdapat 2 tipe yaitu tipe jaringan Client Server dan Peer To Peer yang dapat digunakan untuk mengatur sebuah jaringan komputer. Mungkin dalam pembahasan ini lebih terkonsentrasi Kelebihan dan kekurangan dari kedua tipe jaringan tersebut secara umum serta pengenalan secara mendasar. 
Berikut ini penjelasan secara terperinci mengenai 2 Tipe jaringan komputer yaitu :

1. Jaringan Komputer Client server
    Secara arsitekturnya tipe jaringan ini tersusun atas beberapa komponen yaitu komputer Client, Switch dan komputer server, yang dimana terhubung satu dengan lainnya. Komputer client adalah jenis komputer yang bisa dikatakan sebagai user dimana komputer tersebut hanya pengguna fasilitas yang telah disediakan oleh komputer server
Dengan demikian komputer server adalah komputer yang berfungsi sebagai penyedia beberapa fasilitas untuk client fasilitas itu diantaranya koneksi internet, sharing printer dan juga sebagai komputer yang di kelola oleh administrator. 
Mungkin administrator itu sendiri memiliki tugas berikut ini yaitu  mengatur sistem jaringan seperti mengelola, backup, security system, perencanaan, mendesain dan implementasi serta bertanggung jawab untuk menangani keluhan-keluhan di user / komputer client yang berhubungan dengan jaringan komputer.

Kelebihan Client Server
1. Terdapat administrator, bertugas mengelola sistem keamanan dan administrasi jaringan.
2. Bila terjadi kerusakan dikomputer client, tidak terpengaruh terhadap jaringan komputer itu sebab komputer server ditujukan untuk pusat data dan client masih bisa mengakses data.
3.Sistem Back up data menjadi lebih baik dan terpusat, sebab yang melakukan back up terjadi di server
4. Mengakses data lebih tinggi.
5. Pengaturan lebih mudah dan cepat, sebab pengaturan tersebut berada dikomputer server.

Kekurangan Client Server
1. Dibutuhkan Komputer yang memiliki spesifikasi lebih untuk dijadikan Server, Seperti Memori 4 Gb, Harddisk 1 TeraByte dan Processor quad core.
2. Jaringan komputer tergantung oleh server, bila komputer down maka jaringan tersebut juga down.
3. Biaya relatif lebih mahal.untuk infrastruktur jaringannya.
2. Jaringan Komputer Peer To Peer
Jaringan Peer to Peer ini hanya menghubungkan antara komputer yang satu dengan yang lainnya dan pertukaran data tanpa adanya komputer server. Seluruh komputer yang terhubung pada jaringan ini memiliki fungsi bisa sebagai komputer server dan client.

Kelebihan Peer To Peer
1. Biaya lebih murah, karena tiada spesifikasi khusus untuk komputer ini dengan kata lain standar aja.
2. Tiada tergantung terhadap pada satu komputer saja untuk kelancaran jaringan.
3. Tidak memerlukan sistem operasi Server yang mahal

Kekurangan Peer To Peer
1. Penanganan masalah dijaringan sangatlah rumit dan sulit.
2. Back up data tidak tertata rapi dan teratur.
3. Sistem keamanan jaringan tidak secara general dan terpusat.
4. Tidak cocok untuk jaringan komputer skala besar.
5. Tidak adanya administrator, dapat menyebabkan administrasi jaringan menjadi berantakan.


Selesai juga untuk menjelaskan tipe jaringan Client server dan Peer To Peer serta beberapa kelebihan dan kekuranganya. Mungkin jika ada kritik dan saran bisa ane terima dengan tangan terbuka untuk kemajuan dan  pengetahuan serta kita sama-sama belajar didunia informasi teknologi. Terim kasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More