2.18.2013

Cara Menonaktifkan Autorun Windows

Bagaimana cara menonaktifkan autorun windows ? Mengapa harus Nonaktif autorun ? autorun apaan sih? , daripada banyak bertanya yuk kita membahas tentang autorun , autorun.inf dan cara untuk mematikan fungsi autorun di windows. Autorun merupakan suatu fitur yang ditawarkan oleh windows untuk menalankan suatu drive (DVD Room, CD Room dan USB Drive) secara otomatis dan praktis. Mungkin sangatlah bermanfaat jika kita memasukan cd dan dvd bahkan flashdisk, itu langsung membaca dan langsung menampilkan isi dalam drive tersebut. 
Tetapi sangat disayangkan fitur ini menjadi salah satu hole / celah yang mudah dimasukan oleh virus / autorun.inf  dan Malware. Autorun.inf ini menurut saya ini sangat terkenal yaitu Virus yang berupa file jenis teks yang memiliki tujuan untuk merusak sistem dan file data anda serta sangatlah berbahaya. Tapi tak perlu khawatir ITT 88 siap memberikan tutorial untuk menonaktifkan autorun melalui autoplay.

Cara mudah untuk mematikan autorun sebagai berikut

I. Nonaktif autorun pada Windows XP
1. Klik Menu Start ->klik menu Run -> ketikan gpedit.msc


2. Lalu Muncul tampilan Group Policy
3. Lihat dan klik tab user configuration -> klik administrative templates -> Klik system -> lalu muncul tampilan Setting
4. Kemudian klik Turn Of autoplay 2x -> Plih Enable -> setelah itu plih juga All Drives pada kolom Turn Off autoplay On -> klik Ok


5. dilanjutkan dengan Restart.

II. Nonaktif autorun pada Windows Vista
1.  Masuk Control Panel
2.  Klik Hardware and Sound -> kemudian klik juga Play CDs or other media automatically
3.  Jangan diceklis pada Use AutoPlay for all media and devices


4. Bisa melalui Group Policy Object Editor
5. Ketik gpedit.msc
6. Sorot ke Windows Components -> Klik AutoPlay Policies -> Klik Enable pada Turn Off autoplay


7. Restart komputer

Sekian sudah pembahasan mengenai nonaktif autorun pada windows, khususnya Windows Xp dan Windows Vista. Kedepan mungkin saya akan membahas untuk windows 7 dan Windows 8, bersabar dan menunggu tutotrial lanjutan. Sekian dan Semangat untuk mencoba.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More