1.03.2013

Setting Email Outlook 2007

Setting Email Outlook 2007 - Utak utik selalu yang biasane lakukan kalau tiada komplain atau helpdesk by phone untuk menangani beberapa keluhan menyangkut IT. 
HHmm oiya Sebelum membahas materi ini, apakah ada yang mengetahui email ? protokol apa saja yang terdapat di dalamnya ?  Langsung saja yuk kita membahasnya sebelum konfigurasi email Ms. Outlook 2007.

Berikut Pengertian beberapa komponen dan beserta protokol-ptotokol nya :
 Ms. Outlook 
adalah program personal information manager dari Microsoft, Outlook juga sangat memudahkan untuk mengelola appointment, mengorganisir e-mail . Biasanya hanya untuk mengirim dan membaca mail, akan tetapi program ini memiliki banyak fungsi diantaranya sebagai kalender, jadwal kerja, catatan, dan jurnal.

Email (Electronic Mail) 
adalah media untuk mengirim surat menyurat elektronik baik berupa teks, gambar, file-file dan dukumen termasuk .pdf .doc .jpg . rar , melalui jaringan komputer, misalnya internet (bukan surat biasa, dikirim Pak pos )

POP3 (Post Office Protocol 3) 
adalah suatu protokol/security yang memiliki tugas untuk mengambil email dari mail server (menampung sementara mail) hingga dapat di ambil kepada penerimanya.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol)
adalah suatu protokol/security yang memiliki tugas untuk mengirimkan mail ke mail server hingga dapat di terima kepada penerimanya.

Cukup Panjang yah pengertian komponen-komponennya, yuk kita lanjutkan bagaimana cara setting email outlook 2007, berikut di bawah ini :
1. Klik Start -> All Programs -> Microsoft Office -> Klik Microsoft Office Outlook 2007.
2. Dilanjutkan  Klik menu Tools -> Account Settings.

3. Klik New lalu klik di ‘Manually configure settings’.

3a. Klik Change atau Repair, jika sudah memiliki account dan ingin merubah nya (optional), berikut gambarnya.



4. Pilih Internet Email ->OK.


5.  Masukan Nama Anda, Alamat Email Anda (berserta @DomainAnda.com)
6. Pada Menu Server Information, untuk kolom Account Type pilih POP3 dan berikut gambar untuk penjelasan yang lebih detail.



7. Klik More Setting lalu klik Tab Outgoing Server-> Klik Tab My Out Going Server (SMTP) Requires Authentication -> Pilih Use same setting as my incoming mail server, berikut gambar untuk penjelasan secara detail.



8. Pilih Tab Advanced ,Untuk  port POP3 (Incoming) port 110 dan port SMTP (outgoing) port 25 serta port 587 (Jika port 25 error). Dan aktifkan/centang Leave a copy of messages on the server jika data email anda tetap tersimpan di Mail server.


9. Setelah di setting dari nomor 1- 8, selanjutnya disudahi ke nomor 6 -> Klik Next -> Selamat Email Account Ms.Outlook sudah bisa di gunakan.


Sekian pembahasan mengenai pengaturan email Outlook 2007 atau cara konfigurasi email Ms. Outlook seperti biasa semoga bermanfaat bagi kita semua dan bisa karena biasa. Bilada kesulitan bisa hubungi IT terdekat atau bisa email ke ITTutorial88.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More