1.04.2013

Setting Gmail di Outlook 2007

Setting Gmail di Outlook 2007 - Para pengguna internet, apakah anda punya email ? buat dimana email tersebut gmail atau ymail atau hotmail?? rahasia yayaya. 

Kali ini ane akan membahas setting Gmail ke Outlook 2007, sebelum di bahas apakah Gmail ?  Pasti anda akan menjawab surat elektronik (email) seperti halnya ymail atau hotmail, mungkin jawaban nya sudah mendekati benar.

Gmail adalah Penyedia layanan Surat elektronik (email) gratis yang di luncurkan oleh Google pada tanggal 31 Maret 2004 dan memiliki free space hingga 1GB sehingga dapat menampung ribuan email serta file-file mp3, doc .docx dan masih banyak lagi. 
Bisa di baca di artikel sebelum nya Setting Email Outlook 2007 sebagai referensi
Langsung saja kita bahas setting Gmail di Outlook 2007, berikut cara-cara nya :

Aktifkan POP3
1. Masuk ke http://mail.google.com/ terlebih dahulu untuk mengaktifkan POP3 di webmail milik Google. Sign In terlebih dahulu ke account gmail yang anda miliki dengan masukan Nama User dan Password, berikut gambarnya yang di bawah ini.


2. Setelah masuk ke halaman utama gmail anda , pilih tab berlogo *-> Klik menu Setting.
3. Masuk ke halaman Setting -> klik tab Forwading and POP/IMAP -> lihat ke POP Download   -> klik/pilih Enable POP for all mail -> Save Changes -> Sign Out. Untuk mulai menjalankan settingan ini.

Setting di Outlook 2007

1. Setelah aktif POP3 di halaman Gmail yang sudah di setting dan pastikan POP3 aktif, jika tidak Outlook tidak akan mengenali email anda. 

2. Buka Outlook 2007, Start-> All Programs -> Microsoft Office -> Microsoft Office Outlook 2007 -> Klik Tools -> Account Settings.


3. Setelah Klik Account Settings -> Klik New (untuk membuat account baru) ->Pilih Microsoft Exchange, POP3, IMAP Or HTTP -> Next -> Centang  "Manually Configure Server Settings or Additional Server Types" -> Next


4. Pilih Internet Email-> Next

5. Masukan Datand
-User Information 
-> masukan Namanda dan alamat email
-Server information 
-> Account Type : pilih POP3
-> Incoming Mail Server : pop.gmail.com
-> Outgoing Mail Server : smtp.gmail.com
-Information 
Masukan Nama (otomatis) dan Password anda (sign in di gmail)

6.  Klik More Setting lalu klik Tab Outgoing Server-> Klik Tab My Out Going Server (SMTP) Requires Authentication -> Pilih Use same setting as my incoming mail server.


7. Pilih Tab Advanced , Untuk  port POP3 (Incoming) port 995, ceklis SSL dan port SMTP (outgoing) port 587 serta use following type of encrypted connection -> pilih TLS -> Klik OK.

8. Setelah itu kembali ke nomor 5 atau Internet Email Settings -> klik  -> Setelah lancar semuatau berhasil -> klik Close di lanjutkan dengan klik Next untuk menyudahi settingan di outlook.

Download Email 
Ini sesi terakhir, yaitu men download email ke database anda di Harddisk yang berupa file .pst. Cara download cukup mudah tekan F9 (shortkey) atau Tools -> Send/Receive -> Send/Receive All, ditunggu proses download semoga lancar.




Sekian pembahasan mengenai Setting Gmail di Outlook , seperti bisa cara konfigurasi Gmail ke Ms. Outlook semoga bermanfaat dan bisa karena biasa. Jika kesulitan bisa hubungi Konsultan IT atau email ke ITTutorial88.
Selamat mencoba

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More