5.05.2013

Tips Cara Jitu Merakit Komputer Sendiri

 Cara merakit komputer sendiri - Pada dasarnya manusia telah diberikan kesempurnaan dalam berpikir maupun bertindak, seperti halnya dalam merakit komputer tanpa bantuan teknisi bagi anda yang tidak sekolah maupun kuliah tentang Teknik Komputer dan Jaringan serta Informasi Teknologi tidak perlu berkecil hati jika ingin merakit komputer dengan sendiriMengapa demikian harus merakitnya sendiri terutama untuk masalah biaya, keinginan anda mau dijadikan apa komputer ini sebagai game atau desain serta permasalahan jika terjadi pada hardware. Jika anda merakit sendiri, anda akan memiliki kemampuan untuk menganalisa kerusakan dengan cara merawat komputer dan upgrade hardware jika komponen komputer dirasa kurang untuk menunjang kinerja anda. 
Namun kita juga dapat mengatasi komputer bila menjadi lemot bisa dibaca diartikel sebelumnya, untuk mencegah itu lebih baik. Tidaklah sulit untuk melakukan hal itu karena dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam merakit komputer menjadi bisa digunakan seutuhnya.Tanpa menunggu lagi, anda harus menyimak langkah-langkah dalam merakit komputer dengan mudah dan hebat.

Berikut ini tahapan untuk merakit komputer sesuai dengan keinginan dan berhemat yaitu :
1. Siapkan obeng jenis - (min) & + (plus), Mur dan tang penjepit
2. Tidak lupa untuk menyiapkan hardware seperti 
  • Casing Komputer
  • Motherboard (Mainboard)
  • Processor beserta Heatsink
  • RAM
  • Kabel SATA atau Kabel ATA, untuk ujicoba kali ini menggunakan kabel jenis Sata
  • Harddisk
  • DVD R atau DVD R-W
  • Mouse 
  • Keyboard
  • Monitor atau LCD
  • Power Supply Jenis ATX atau AT
  • Kabel Power untuk Power Supply dan Monitor
3. Taruhlah Motherboard pada tempat yang nyaman beralaskan busa
4. Buka slot processor untuk memasang processor yang sesuai pada tempatnya, perlu diperhatikan lihat pada salah satu sudut slot dan processor terdapat segitiga mohon dipasang dengan sesuai. Karena jika sudah sesuai dapat dengan mudah dipasangnya, ingat Jangan Paksa karena dapat merusak dan patah pin kecil yang terdapat pada processor.


5. Setelah terpasang Processor dislot, tindakan selanjutnyadalah mengkunci processor hingga terkunci dengan baik dan benar.



6. Kemudian memasang heatsink / fan dengan cara memasukan keempat kaki hingga berbunyi "klek" yang addan kunci dengan memutarnya serta memasang kabel diusahakan cari yang terdekat slot power dan lilit kabelnya dibagian badan heatsink.



7. Pasanglah RAM, terlebih dahulu guna mengantisipasi kesalahan dan mencegah rusaknya mainboard jika sudah terpasang pada casing.



8. Buka casing komputer, bertujuan untuk memasang perangkat keras yang akan dipasangkan pada posisinya.



9. Setelah casing dibuka, selanjutnyanda membuka seng yang berada dibelakang dengan menggantinya lalu pasang seng itu untuk port Usb, port untuk jaringan dan kabel Vga untuk monitor.
10. Dilanjutkan dengan memasang motherboard pada casing, tidak melupakan juga untuk menguatkan mur-mur yang berada bagian pojok atas, tengah dan bawah dengan mengunakan obeng.


11. Pasang kabel power supply ke mainboard yang terdapat 24 pin berjenis atx dan masukkan juga ke 4 pin berikutnya untuk menjaga suplai listrik. Lihat juga konektor kabel USB yang secara visual terdapat pada nomor 3 dan pasang semua jumper sistem panel yang berfungsi untuk tombol restart, shutdown, indikator led harddisk dan bunyi jika terjadi kesalahan pemasangan hardware pada nomor 4.





12. Tahap terakhir yaitu pemasangan harddisk dan DVD RW, diantaranya pasang kabel Sata dan kabel power keduanya sama dalam pemasangannya. Untuk lebih detail bisa lihat gambar 1 dan 2 itu Harddisk serta nomor 3 dan 4 DVD RW.



13. Penyelesaian yaitu pemasangan kabel power, kabel Vga untuk monitor, mouse (ps/2 berwarna hijau muda) dan keyboard (ps/2 berwarna ungu) yang telah disediakan port dibelakang casing.



14. Selamat mencoba dinyalalakan komputer hasil rakitan anda sendiri
Sekian untuk pemberian materi untuk merakit komputersecara otodidak, semoga dapat meningkatkan motivasi anda untuk selalu berusaha karena bisa karena biasa. Mungkin jikalau ada yang ingin ditanyakan silahkan dikomentar, saya selalu berusaha memberikan sedikit solusi untuk para sahabat IT-tutorial88.blogspot.com.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More